Tuesday, November 22, 2016

Rush Money



A. Apa itu Rush money?
Rush Money adalah penarikan uang dari bank secara besar-besaran (missal). Pengertian Rush Money secara singkat adalah suatu gerakan menarik uang secara bersama-sama dari tabungan masing masing, dan dalam jumlah besar, bahkan tak jarang uang yang berada di tabungan atau BANK di habiskan tak tersisa lagi. Pengertian dari aksi rush money adalah gerakan menarik uang yang ada di bank sebanyak banyaknya dengan tujuan keguncangan perekonomian di dalam negeri, tujuannya adalah bisa jadi berbagi motiv bisa jadi karena kecewa dengan pemerintahan. Atau bisa juga karena ulah pihak asing yang sengaja menyulutnya untuk menghancurkan kestabilan perekonomian suatu negara. Selain itu, Rush Money juga akan menimbulkan keresahan di masyarakat karena bank akan kesulitan memenuhi permintaan masyarakat yang begitu tinggi karena bank hanya mencadangkan 5 s.d 10% dana Cash saja dari total dana pihak ketiga, yaitu dana nasabahnya.

B. Rush Money di Indonesia
Rush Money di Indonesia sudah pernah terjadi ketika krisis moneter tahun 1997-1998, dimana Bank Central Asia (BCA) dihantam oleh nasabahnya yang secara tiba-tiba menarik uang mereka secara besar-besaran, hingga akhirnya BCA sempat kolaps dan harus mendapatkan suntikan dana segar dari pemerintah.
Setelah kejadian krisis ekonomi tahun 1997-1998 berlanjut dengan krisis politik dan sosial yang berhujung dengan tumbangnya rezim pemerintahan Soeharto. (Sumber: sisausaha.com)

C. Dampak Dari Gerakan Rush Money
1.      Dampak Ekonomi
Jika rush money benar-benar dilakukan maka akan timbul kekacauan dalam system perbankan, bank akan mengalami kekurangan uang cash, sehingga dapat menyebabkan gejolak ekonomi.
Masih ingat krisis tahun 1998 dimana hampir seluruh nasabah bank mengambil uang simpanan mereka karena krisis ekonomi. Secara ekonomi mungkin dampaknya tidak akan jauh berbeda dengan kondisi tersebut. 
Karena uang merupakan darah untuk laju ekonomi tentu tanpa uang tunai industri akan berhenti berjalan. Alasannya sederhana saja pemerintah mencetak uang dalam jumlah yang terbatas dengan menyimpan uang tunia di bank masyarakat, swasta dan pemerintah bisa secara bergantian menggunakannya. Jika uang tunai tersebut diambil secara besar besaran oleh masyarak apa yang akan digunakan oleh pemerintah dan swasta sebagai alat transaksi? tidak ada. Bisa saja pemerintah mencetak lagi uang tunai tetapi hal tersebut akan berdampak sangat buruk terhadap ekonomi. Salah satu dampaknya adalah HIPER INFLASI.
2.      Dampak Sosial
Dengan bank yang mengalami kekacauan maka akan timbul juga keresahan di masyarakat, hal ini akan semakin menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dalam hal ini Bank Indonesia.
Saat industri tidak berjalan karena kehabisan darahnya apa yang akan terjadi? Pemutusan Hubungan Kerja masal itu tentu sudah menjadi mata rantainya bukan. Berapa juta orang yang akan terkena dampaknya jika rush money benar benar terjadi.
Jika ekonomi kacau industri tidak berjalan kepercayaan investor hilang bukan hal yang mustahil kemiskinan akan tumbuh pesat. Jika masyarakat miskin kekacauan tentu bukanlah hal yang tidak mungkin. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan terjadi peperangan.
3.      Dampak Politik
Dengan adanya gerakan rush money ini maka politik leader terutapa partai pendukung pemerintah bisa saja menarik konsensus untuk menarik dukungan kepada pemerintahan yang sah.

D. Pendapat Menteri Keuangan RI
     Pendapat Menteri Keuangan RI, Ibu Sri Mulyani terhadap isu Rush money ini :
‘"Janganlah mengada-ada, itu namanya sudah mengalihkan langkah (politik) ke ekonomi," ujar Darmin.
Sri Mulyani menilai pihak-pihak yang menyebarkan gerakan rush money adalah orang-orang yang tidak mengedepankan kepentingan bangsa dan negara. Sebab, isu politik yang saat ini sudah ada dalam proses hukum dikaitkan dengan ekonomi (http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/11/17/134500326/komentar.singkat.sri.mulyani.soal.isu.gerakan.rush.money.25.november.)

Oleh karena itu, marilah kita menolak gerakan ini demi menjaga NKRI yang kita sayangi…

No comments:

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

Museum Daerah 1000 Moko Kabupaten Alor

Jika anda mengunjungi Kabupaten Alor, khusunya Kota Kalabahi, belum lengkap rasanya jika belum menyinggahi Museum Daerah Alor " Museum ...